728x90 AdSpace

Terkini
Senin, 17 April 2017

Antisipasi Terjadinya Bencana, Aparat Harus Siap Siaga, Simulasi Kontijensi Sispam Kota

Simulasi Kontijensi Sispam Kota di Lapangan H. Adam Malik Pematangsiantar, pada Sabtu (15/04/2017)
Siantar, SiantarKotaNews.id - Wakil Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah,  berkenan memimpin Apel Pelaksanaan Simulasi Kontijensi Sispam Kota serta Penandatanganan Nota Kesepahaman untuk kerjasama dalam rangka penanggulangan gangguan keamanan dan ketertiban serta bencana kebakaran di wilayah Kota Pematangsiantar, Sabtu pagi (15/04/2017) di Lapangan H. Adam Malik, Pematangsiantar.

Sebelum dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan, terlebih dahulu digelar Upacara yang diikuti Polisi Militer, TNI, Brimob, Polres Pematangsiantar, Satpol PP, Unit Pemadam Kebakaran Pemko dan Randis Polres Pematangsiantar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan  Pemadam PT STTC.

Usai upacara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan oleh Hefriansyah selaku Plh Walikota, Kapolres Pematangsiantar AKBP Dodi Darjanto, Dandim 0207/Simalungun, Dandenpom I/1, Pimpinan DPRD, Danki Brimob, GM PT STTC serta perwakilan PLN.

Plh Walikota, Hefriansyah dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dari seluruh stekholder, baik dalam penanganan maupun penanggulangan jika terjadi gangguan keamanan dan ketertiban serta kebakaran.

"Kita mengetahui bahwa kontijensi adalah suatu keadaan yang diperkirakan akan terjadi, sehingga dibutuhkan adanya keterampilan dan kesiapsiagaan serta kerjasama yang baik dari seluruh aparat terkait," katanya.

Ditambahkan, Simulasi Sispam Kota ini diharapkan dapat memotivasi seluruh aparatur yang terkait dalam penanggulangan gangguan keamanan dan ketertiban serta penangulangan bencana kebakaran untuk tetap terjalinnya komunikasi serta kerjasama yang baik.

Sehingga dalam pelaksanaan penanggulangan gangguan keamanan dan ketertiban serta bencana kebakaran dapat dilaksanakan secara profesional, efisen dan efektif serta akibat yang timbul dapat diminimalisir.

Hefriansyah Saat Mencoba Tombol Panic Button Pada Simulasi Kontijensi Sispam Kota
Setelah Pendatangan Nota Kesepakatan, digelar kegiatan Simulasi  Sispam Kota dan Simulasi Penanganan Kebakaran Kantor DPRD Kota Pematangsiantar. Dimana dalam kegiatan Sispam Kota tersebut Polres pematangsiantar mengasumsikan adanya pergerakan atau unjuk rasa yang diakibatkan adanya konflik tanah.

Dampaknya, massa merasa keberatan dan akan melakukan aksi unjuk rasa ke Walikota dan DPRD. Dari informasi tersebut Polres Pematangsiantar menyiapkan pengamanan mengatasi aksi unjuk rasa oleh massa yang keberatan.

Adapun tahapan tahapan penanganan Situasi Kontijensi yang terjadi di Kantor Walikota Pematangsiantar. Pegawai Kantor Walikota Menekan Tombol Panic Button yang diterima oleh Polres Pematangsiantar. Selanjutnya Siantar Crisis Centre (SCC) meneruskan Tombol Panic Button dan membrodcest Personil Polres Pemangsiantar dan Sherke Grup WA CPB dan di Pancarkan melalui HT.

Kemudian Polres menurunkan personil Dalmas dan melakukan negoisasi namun massa tidak puas. Selanjutnya massa semakin bertambah dan melakukan tindaka  anarkis sehingga Dalmas lintas ganti dilakukan Satuan Brimob.

Untuk meredam anarkis massa Tim Tindak dari Polres menangkap salah satu peserta aksi yang dianggap provokator sehingga massa dapat ditenangkan dan dapat dibubarkan Gabungan Pasukan Dalmas sehingga situasi aman dan Kondusif. Usai simulasi konflik tanah dilanjutkan dengan kegiatan Simulasi Penanganan Kebakaran yang diasumsikan Kantor DPRD Kota Pematangsiantar terbakar.

Kotijensi Panic Button Oleh Pegawai Satpol PP diterima Personil SCC dan dilanjutkan memberitahukan kepada personil Polres melalui SMS Broadcast dan Shere ke Group WA melalui HT. Kemudian Mobil AWC Polres Pematangsiantar, Mobil Damkar Pemko dibantu mobil Pemadam PT STTC meluncur ke TKP kebakaran dan melakukan pemadaman api yang membakar Kantor DPRD.

Setelah api dipadamkan, personil Satuan Shabara melakukan  mengamankan TKP dan fungsi Identifikasi memasang garis police line berikut personil fungsi Intelkam dan Satuan Reskrim melakukan Pulbaket dan Lidik atas kejadian tersebut.

Atas kejadian tersebut arus lalulintas di sekitar TKP mengalami kemacetan namun dapat dilancarkan personil Satuan Lalulintas. (Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda Disini :

Item Reviewed: Antisipasi Terjadinya Bencana, Aparat Harus Siap Siaga, Simulasi Kontijensi Sispam Kota Rating: 5 Reviewed By: JR Saragih